Friday 1 July 2011

Wortel vitamin A untuk kesehatan Mata


Ditulis oleh : Tjung teck
Wortel Vitamin A untuk kesehatan Mata dan mengandung banyak Vitamin A dari setiap batang Wortel ini.

Wortel merupakan makan yang bergizi tinggi disaat kalau kita lihat setiap konsumsi setiap makan hidangan pagi hari,siang hari,malam hari ini bisa dijadikan makan yang sangat melejatkan setiap makan,seperti halanya di dalam kehidupan dimana disaat jamuan makan ini tiba maka setiap menu makanan juga terlihat wortel sangat dominan dalam setiap hidangan makanan ini,halnya dengan setiap perkembangan jaman terus menerus maka wortel juga sebagai minuman yang berciri khas tersendiri dari setiap hidangan minuman ini,kalau dalam menu makan wortel ini juga tersedia dalam bentuk makan seperti campuran telur yang wortel di iris dan di campurkan ke dalam telur dan di kocok menjadi satu sehingga juga di goreng dan menghasilakan telur dan wortel dalam bentuk sajian makanan pagi,siang maupun malam itu,wortel ini juga bisa di lihat setiap restoran,penjajah kaki lima,kedai buah-buahan,dan sebaginya itu,juga bisa menjajikan beraneka minuman yang tentunya dari wortel itu seperti halnya dengan segelas jug wortel yang segar itu,dan wortel ini juga pada jaman dahulu di belah hutan merupakan suatu ciri khas makanan hewan kelinci atau marmut yang merupakan makanan pokok kelinci itu,kalau jaman sekarang sudah banyak di ketemukan wortel ini di belahan dunia baik Asia dan Eropa sebagai sayuran dan buah-buahan,semua ini pun terdapat tentunya di daerah pertanian seperti di dearah yang dingin dan pergunungan atau dataran tinggi yang tanahnya subur dengan cuacar yang cukup untuk pertanian wortel ini,seperti kalau di Indonesia terdapat di daerah dataran tinggi seperti halnya di berastagi Medan,puncak di Bandung,dan sebaginya itu.

Disaat seseorang kekurangan akan vitamin A maka banyak mengkonsumsi wortel akan memperbaiki jaringan mata yang rusak akibat stress bagian bola mata karena banyak melihat buku misalnya,lelah melihat komputer,capek,dan lain-lain itu,namun semua itu juga dapat di teruskan dengan banyak melatih diri dengan kondisi mata yang lelah menjadi lebih semangat lagi,begitu juga disaat seorang terserang pemyakit mata seperti mata merah,mata bengkak dan sebaginya itu juga bisa membantu dengan pertumbuhan dari fase persembuhan dengan banyak mengkumsumsi wortel ini.

Dalam jurnal ISHS Acta Horticulturae 604 yang ditulis oleh M. Kleemann, W.J. Florkowski berjudul Bitternes of Carrot as Quality of Indicator disebutkan cita rasa pada wortel ditentukan oleh kandungan senyawa-senyawa terpena. Yaitu gula bebas, terpenoid yang mudah menguap, karbonil, fenolat, pyrazines and asam amino bebas. Senyawa-senyawa itu biasanya memberi cita rasa harum dan segar pada wortel. Tetapi pada konsentrasi tinggi, malah menyebabkan cita rasa yang tidak menyenangkan. Yang terakhir ini disebabkan oleh faktor genetika, kondisi penanaman, serangan hama dan serangga, penanganan pasca panen dan kondisi atmosfer penyimpanan.

Seperti halnya bisa di lihat dengan disaat setelah produksi wortel ini berjalan dengan disaat dari pencabutan dan di masukan dalam kerangjang atau di kemas dan di bawak ke kota atau pusat pasar dan di jual dengan keadaan yang segar disaat pagi hari kalau kita belanja dan melihat wortel yang indah dan sangat segar untuk di makan atau komsumsi dengan berbagai ragan cara masakan dan minuman khas tersendiri,Ketika itu juga terpikir dalam untuk memiliki dan membelinya untuk sajian menu makan pagi hari dan sebaginya itu.walapun disaat membeli ada juga yang kurang segar akibat dengan layu akibat dari terjemur matahari dan tersimpan beberapa hari ini.dan disaat untuk makan kandungan vitaminnya pun berkurang.

Penelitian di Jerman baru-baru ini membuktikan hal-hal tersebut. Wortel-wortel yang memiliki rasa pahit rupanya mempunyai kandungan zat kimia bernama isocumarin atau 6-methoxymellein atau 3-methyl-6-methoxy-8-hydroxy-3,4-dihydro-isocumarin dalam konsentrasi tinggi. Zat ini diproduksi oleh wortel di kala stress.

Disaat kalau kita memesan menu makan di suatu tempat seperti halnya restroran ini baik untuk mulai memesan segelas wortel segar dengan dicampur oleh es dan dapat di minum dengan segar dimana jamuan makan berikutnya akan di hidangkan itu.disaat perut terasa kosong dan mulai meminum segela wortel akan lebih nikmat dan lebih baik untuk kesehatan dan kesegeran akan bola mata ini.